Senin, 29 September 2014

Hal Bagaimana Yang Dikatakan Pembunuhan Dalam Agama Buddha

    Kasus Pembunuhan ? mungkin kita sudah sering mendengar bahkan menyaksikan sendiri pembunuhan baik yang disengaja maupun tidak.
dalam agama Buddha itu hal apa sih yang dikatakan pembunuhan? sesuatu dikatakan pembunuhan dalam agama Buddha yaitu dikarenakan ada 5 faktor dan 5 faktor itu harus terpenuhi.
5 faktor tersebut yaitu, ada makhluk hidup, mengetahui mahkluk masih hidup, berniat untuk membunuh, ada usaha untuk membunuh, dan makhluk itu mati karena usaha nya.
      Namun sering kita dengar bahwa kasus tabrak lari dikalangan masyarakat itu sebagai pembunuhan, hal ini lah yang dianalisis oleh umat Buddha bahwa menabrak seseorang hingga meninggal dunia itu  bisa dikatakan pembunuhan atau tidak, dan yang paling penting di analisis yaitu faktor ketiga "Berniat untuk Membunuh", dalam suatu kasus menabrak seseorang hingga meninggal itu perlu diketahui bahwa seorang yang menabrak itu ada niat atau tidak untuk menabrak orang hingga meninggal dunia. jika hal itu tidak dilandasi oleh niat maka dalam pandangan agama Buddha tidak bisa dikatakan sebagai pembunuhan karena ke-5 faktor adanya pembunuhan tidak terpenuhi.   
      Kasus ini lah yang sering disalahartikan oleh masyarakat, karena mereka menganggap bahwa jika seorang telah menyebabkan makhluk lain meninggal dia dikatakan sebagai pembunuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar